Total Tayangan Halaman

Sabtu, 11 Agustus 2012

Makanan yang tidak boleh dimakan secara bersamaan.

Makanan yang tidak boleh dimakan secara bersamaan.

Susu kedelai dengan telur


http://wb3.itrademarket.com/pdimage/50/1107250_eggs1.jpg

http://anida.mypointer.info/wp-content/uploads/2009/06/susu-kedelai.jpg

Karena susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease, yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Sementara diketahui bahwa telur merupakan makanan yang kaya akan protein.



Susu dengan coklat



http://iephe.files.wordpress.com/2009/04/coklat.jpg

Seperti diketahui bahwa susu kaya akan protein dan kalsium sementara coklat kaya akan oxalic acid. Jika dikonsumsi bersama-sama, kalsium dari susu dan oxalic acid dari coklat bisa bergabung dan membentuk kalsium oksalat yang tidak dapat larut dalam tubuh. Akibatnya bukan hanya tidak bisa dicerna oleh tubuh tapi bisa menyebabkan diare.



Buah kesemek dengan kentang manis




Setiap tahun saat musim panen kepiting, bersamaan pula musim panen buah kesemak. Walaupun mereka memiliki musim panen yang sama, namun sebenarnya mereka bermusuhan saat dihidangkan dimeja makan. Daging kepiting banyak mengandung protein, sedangkan buah kesemak mengandung banyak asam tanat (yakni asam yang dapat menghancurkan protein).
Jika keduanya dikonsumsi bersamaan, asam tanat yang terkandung dalam buah kesemak akan membuat protein yang ada dalam daging kepiting beku menggumpal, sehingga sulit untuk dicernakan, dan apabila terlalu lama berada dalam usus akan meragi dan membusuk, sehingga menyebabkan rasa mual, muntah, nyeri perut, diare dan lain sebagainya.



http://www.faqs.org/photo-dict/photofiles/list/244/830french_fries.jpg

Kentang menghasilkan asam hidroklorik di dalam perut, asam ini bisa menyebabkan buah kesemek yang dikonsumsi mengendap dalam tubuh. Endapan tersebut bisa menjadi batu yang tidak bisa larut, sehingga bisa mengganggu pencernaan.



Beberapa buah-buahan dengan makanan laut


Image Detail

Buah anggur, delima atau kesemek tidak boleh digabung dengan makanan laut, karena bisa menyebabkan mual dan perut kembung serta rasa sakit pada perut dan diare. Ini karena buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein bisa menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna. Sebaiknya mengonsumsi buah-buahan tersebut 4 jam setelah makan makanan laut.

Zat kimia yang terkandung di dalam sayuran ini bisa memberikan efek negatif terhadap proses metabolisme kalsium dari produk susu.
Agar terhindar dari efek samping yang bisa ditimbulkan oleh makanan-makanan tersebut, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan itu secara bersama-sama. Untuk mensiasatinya berilah jarak waktu antar makanan dan jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya.



Teh dengan Kepiting




Kebanyakan orang setelah makan kepiting secara kebiasaan akan minum teh, mereka mengira dapat membantu pencernaan. Akan tetapi justru dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Minum teh saat makan kepiting akan melumerkan getah lambung.
Bukan saja mempengaruhi pencernaan dan daya serap, namun juga menurunkan fungsi pembasmi kuman dari getah lambung, sehingga bakteri dapat hidup bebas dalam lambung.
Selain itu air teh juga mengandung asam tanat yang sama dengan buah kesemak, mengkonsumsinya bersama akan menimbulkan gejala tidak enak pada usus lambung.



Buah pear dengan kepiting




Meskipun buah pir adalah obat mujarab untuk mengurangi kekeringan di musim gugur, tetapi sewaktu mengkomsumsi kepiting sebaiknya diberi tenggang waktu. Khususnya bagi penderita limpa lambung lemah dingin harus lebih memperhatikan masalah ini.
Hal ini dikarenakan buah pir adalah makanan yang bersifat dingin, makan bersama dengan kepiting yang bersifat dingin , akan melukai limpa lambung, mengakibatkan pencernaan buruk.
Dengan alasan yang sama, setelah makan kepiting juga tidak cocok segera minum air es, makan es krim atau minuman dingin lainnya, bila tidak, akan menimbulkan diare.



Daging kambing dengan kepiting




Daging kambing juga tidak baik jika menjadi pendamping hidangan kepiting. Hal ini dikarenakan daging kambing bersifat panas, sedangkan daging kepiting bersifat dingin.

Apabila dikonsumsi secara bersamaan, tidak saja akan mengurangi fungsi memperkuat dan menghangatkan dari daging kambing, namun juga akan mengganggu limpa lambung.
Dengan alasan yg sama, kepiting juga tidak cocok dikonsumsi dengan ikan gabus yang berfungsi memperkuat dan menghangatkan.


Sumber :
http://juandry.blogspot.com/2009/10/makanan-yang-tidak-boleh-dimakan-secara.html
http://images.search.yahoo.com/
http://blog-apa-aja.blogspot.com/2010/04/4-makanan-yang-tidak-boleh-di-makan.html
http://looking-news.blogspot.com/2010/04/4-makanan-yang-tidak-boleh-di-makan.html


Jenis-Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Secara Bersamaan!

  1. Setelah memakan buah semangka jangan langsung meminum susu!
  2. Setelah memakan buah manggis jangan langsung meminum minuman yang mengandung gula!
  3. Setelah memakan buah durian jangan langsung meminum bir!
  4. Setelah memakan udang jangan langsung mengkonsumsi vitamin C!
  5. Setelah memakan buah pir jangan langsung meminum madu!
Semuanya dapat mengakibatkan keracunan!
  1. Vitamin C + Udang = Keracunan Arsen (terjadi Reaksi Arsen dalam Udang dan Vitamin C)!
  2. Madu + Bawang = Merusak Mata!
  3. Madu + Tahu Jepang (Tofu) = Merusak Pendengaran!
  4. Madu + Susu Kacang Kedelai = Mengganggu Pencernaan dan Pendengaran!
  5. Madu + Teh = Mengganggu Pencernaan!
  6. Madu + Kepiting = Keracunan!
  7. Madu + Buah Pir = Merusak 5 Organ Tubuh Penting (Kematian)!

15 komentar:

  1. wah...kayaknya gua udah banyak kLi makn scara bersama tu menu :-! .
    izin share boLeh Y mas bro,biar member fb yg Laen pada tau.
    tank's Y mas bro buat info'ny :-)

    BalasHapus
  2. mas parna hebat neh. dah makan banyak tapi ko belum keracunan atau ........ piss

    BalasHapus
  3. Teh dan madu ga boleh ya ... Pantesan aku diare

    BalasHapus
  4. Gwe pernah minum madu cuma se sendok teh...abis tu trus gwe iseng2 minum sari kurma se sendok teh juga..malemnya gwe diare hebat & gk bisa tidur gara2 mules terus menerus...sehari bisa 10-15 kali ke toilet...ini gwe alami selama 4 hari berturut2,walaupun gwe minum obat diare tapi gak mengurangi frekuensi mules gwe yg gk ketulungan...
    entah gwe keracunan atau perut gwe yg lebai sampe2 bikin gwe dehidrasi & gk bisa bangun dari tempat tidur,madu+sari kurma bener2 bikin drop...

    BalasHapus
  5. www.klikdokter.com/tanyadokter/gizi/udang-vitamin-c
    Bapak / Ibu yang terhormat,

    Terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Mengonsumsi udang dan vitamin C dalam waktu berdekatan dapat menimbulkan kematian akibat dari terbentuknya zat kimia arsenic trioxide merupakan berita yang tersebar di dunia maya pada bulan Mei tahun 2001 yang memang menjadi banyak pertanyaan terutama mengenai kebenaran dari berita tersebut.

    Keracunan akibat mengonsumsi udang dan vitamin C dalam waktu berdekatan tidaklah benar. Arsenik merupakan bahan kimia yang terdapat secara alami dari hasil sampingan berbagai aktivitas manusia. Udang dan vitamin C sendiri tidak memiliki proses kimiawi yang jelas. Penelitian mengnai kasus ini pun belum ada yang resmi. Secara kimiawi, tidak mungkin udang dan vitamin C memiliki reaksi seperti itu. Seandainya ada, seharusnya jenazah korban diautopsi sehingga diketahui penyebab pasti kematian dan terdapat laporan resmi yang dipublikasikan.

    Kemungkinan dampak pencemaran laut yang berpengaruh terhadap udang dapat terjadi. Namun efek keracunan tersebut tidak bersifat langsung dan akut. Sejauh ini belum ada penelitian lanjutan dari pihak yang dapat dipercaya. Ada baiknya tidak langsung mempercayai suatu informasi yang belum diketahui kebenarannya terutama dari suatu email 'hoax' seperti itu.

    Konsumsi susu dan vitamin C sendiri pun sampai saat ini belum terdapat suatu penelitian atau laporan kasus yang menyatakan bahwa hal tersebut berbahaya. Janganlan menjadikan vitamin C sebagai suatu kewaspadaan apabila dikonsumsi dengan makanan lain. Vitamin C sendiri dianjurkan dikonsumsi setelah makan guna menghindari keluhan pencernaan yang dapat terjadi.

    Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

    Salam,

    Redaksi Klikdokter.

    BalasHapus
  6. Trus pak redaksi, klo susu dengan coklat bahaya, enapa ada susu coklat?
    Mohon pencerahan sesepuh

    BalasHapus
  7. saya mau tanyak, kalau kentang dengan susu di konsumsi secara bersama'an boleh apa tidak? dan apakah akan ada gejala yang timbul jika di konsumsi secara bersama'an? mohon di jelaskan

    BalasHapus
  8. saya mau tanyak, kalau kentang dengan susu di konsumsi secara bersama'an boleh apa tidak? dan apakah akan ada gejala yang timbul jika di konsumsi secara bersama'an? mohon di jelaskan

    BalasHapus
  9. wah kalau energenkn itu kedelai sama telur,trus gimana kalau susu coklat?

    BalasHapus
  10. kalau minum kopi sambil makan buah seperti anggur boleh ga ya??..

    BalasHapus
  11. Stlh minum wine (alkohol), selang 1.5 hari apa boleh makan kambing? Atau kadar alkohol msh berpengaruh?slma brp hr?

    BalasHapus
  12. Mlm..
    Sy mw tnya dunk,klo mkn durian trz makan nasi pke jengkol ada efek sampingnya ga?
    Mohon informasinya..

    Thankz

    BalasHapus
  13. Klo semaka pepaya melon di capur trus minum teh .gimanah pak

    BalasHapus
  14. Kalo makan kerang bersamaan dengan minum susu apa efek sampingnya? Tolong di jawab!

    BalasHapus
  15. Saya habis makan kerang 1 jam kemudian minum yogurt, walhasil sekitar 30 menit langsung muntah muntahin semua makanan dari pagi ampe sore, sampai dehidrasi, langsunglah saya minumin air kelapa ijo dan habis itu udah gak muntah lagi cuma tinggal mules aja sedikit

    BalasHapus